Dari pengertian tersebut dapat diambil suatu contoh saat ini yaitu semakin banyak orang yang berbisnis dengan menggunakan situs jejaring sosial . Hal ini bisa kita lihat pada salah satu situs jejaring sosial yang sangat populer belakangan ini yaitu facebook. Dengan facebook seseorang dapat memanfaatkan jejaring sosial tersebut untuk memperkenalkan produk maupun jasa yang ingin ditampilkan.
Dari sumber yang didapat , dikatakan bahwa perkembangan social network juga mempengaruhi aktivitas suatu perusahaan. Berikut ini merupakan beberapa kemungkinan obyektif dari perusahaan saat menggunakan social network untuk aktivitas marketingnya :
- Informasi dari customer, dalam situs social network sering dibahas berbagai macam produk dan layanan yang diberikan perusahaan, sehingga perusahaan dapat mendapatkan informasi insight dari customernya.
- Image perusahaan, pendekatan dengan menggunakan metode ini dapat memberikan image positif pada perusahaan.
- Community, membangun komunitas produk dan komunitas pelanggan dengan metode yang tidak memaksa, bahkan bisa dikatakan menyenangkan.
- Service and Support, dengan semakin berkembangnya komunitas maka perusahaan dapat menerima saran dari customer untuk meningkatkan mutu produknya dan juga perusahaan dapat memberikan tips dan solusi kepada customer dalam penggunaan produknya.
- Biaya, bila dilakukan dengan benar bisa mengurangi biaya perusahaan seperti biaya support, biaya marketing
Dari data yang ada dapat diambil suatu hal mengapa banyak sekali pebisnis memanfaatkan SNB ini untuk memperluas / menjual barang maupun jasa ke masyarakat dengan cari tersebut :
- Keuntungan pertama pebisnis tersebut ingin memasarkan produknya dengan cara cepat serta tidak begitu membutuhkan pengeluaran uang yang banyak.
- Pebisnis tersebut tidak perlu pusing lagi memasarkan barang produknya , yang terpenting bagaimana mereka dapat menyiasati pelayanan terbaik kepada pelanggan sehingga dengan cara tersebut secara otomatis akan melambungkan nama baik dari produk yang dijual.
Success Story
Jaringan sosial yang saat ini banyak digandrungi untuk menjual kan barang / produk yaitu dengan menggunakan Facebook sebagai perantarannya. Adapun contohnya yaitu Masae Kombini dimana ia menjual berbagai macam jenis pakaian untuk para kamu wanita yang banyak diminati terutama para kalangan remaja. Produk - produknya telah banyak dikenal oleh banyak orang , proses yang ia lakukan dalam menjual produknya hanya dengan lewat facebook tersebut.
Sumber : http://www.scribd.com/doc/29234091/Pengaruh-Perkembangan-Social-Network-Service-Terhadap-Suatu-Perusahaan
0 komentar:
Posting Komentar